sumber twitter mark Sebuah Penelitian Mengungkapkan Manusia Modern Pertama di Dunia Berasal dari China Cetak halaman ini

Sebuah Penelitian Mengungkapkan Manusia Modern Pertama di Dunia Berasal dari China

Ditulis oleh  Didi Yustianto
Diterbitkan di edukasi

First modern humans came from china 1

Penemuan fosil manusia modern yang dilakukan Wu Liu dan tim di gua yuan via viral4real

 

Sumber.com - Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi kalau manusia modern pertama kali ditemukan telah berevolusi di sebagian besar negara-negara yang berada di benua Afrika. Sudah banyak penemuan yang diteliti oleh sekumpulan orang maupun organisasi berupa fosil manusia purba yang hidup berjuta-juta tahun yang lalu yaitu berasal dari benua Afrika.

 

Namun sepertinya fakta tersebut harus segera ditinjau kembali. Karena sebuah penelitian yang baru-baru ini dilakukan oleh para peneliti yang berasal dari China telah mengklaim kalau manusia modern yang pertama justru berasal dari benua Asia khususnya negara China. 

 

Baca Juga: (Museum Purbakala Sangiran)

 

Seperti dilaporkan Viral4real, hal tersebut diketahui setelah ditemukannya sebuah fosil yang berada di sebuah gua kuno yang berada di China (Gua Fuyan yang berada di China Selatan). Fosil berupa gigi yang dimiliki oleh para manusia modern di jaman sekarang ini ditemukan oleh para peneliti China yang dipimpin oleh Ahli paleoantropologi Wu Liu dari Akademi Ilmu Pengetahuan China.

 

First modern humans came from china 3

Penemuan 41 gigi di Gua Fuyan via viral4real

 

Wu Liu mengaku kalau dirinya bersama tim peneliti telah menemukan banyak fosil yang terdapat di terowogan gua yuan. Salah satu yang berhasil ditemukan oleh Wu Liu adalah penemuan arkeologi di tengah-tengah terowongan. Tim peneliti ini pimpinan Wu Liu mengaku telah melakukan penelitian dengan menggali gua tersebut hingga menemukan ruang-ruang yang berisikan banyak fosil sejak tahun 2011 hingga 2013. 

 

Baca Juga: (Taman Nasional Teluk Cendrawasih

 

Dalam penemuannya tersebut, ditemukan 47 gigi jenis gigi mulai dari gigi geraham, taring dan lainnya yang dipercaya sebagai gigi manusia modern seperti yang terdapat di tubuh manusia saat ini. Melihat dari penemuan gigi sera fosil-fosil tersebut, Wu Liu berani menyatakan kalau awal mula manusia modern bisa jadi berasal dari negara China, bukti yang paling ia yakini adalah ditemukannya penemuan gigi yang terdapat di gua tersebut yang diklaim gigi tersebut sudah berada kurang lebih selama 80 ribu tahun yang lalu. 

 

First modern humans came from china 4

Penemuan 41 gigi di Gua Fuyan via viral4real

 

 

Sebanyak 47 contoh gigi diyakini merupakan gigi dimiliki dan tumbuh pada manusia modern seperti dijaman sekarang ini. Ukuran gigi tersebut pun sangat mendekati dengan Homo Sapiens modern, mulai dari gigi geraham, taring gigi premolar. Bahkan bentuk akar gigi pun sangat berbeda dengan gigi dari manusia purba dan juga Neanderthal (anggota genus Homo yang telah punah dan berasal dari zaman Pleistosen).

Baca 743 kali Terakhir diubah pada Selasa, 29 Agustus 2017 15:45
Nilai Artikel ini
(2 pemilihan)

Terkini dari Didi Yustianto

Artikel Terkait

Seputar Penulis

Didi Yustianto

I'm the luckiest guy in the world who love football. 

Sports Journalist. Journo Life is 'incredible'.

Situs Web: https://www.linkedin.com/in/didi-yustianto-60a918101/