sumber twitter mark Ini 6 Strategi yang Disiapkan untuk Arus Balik Lebaran 2019 Cetak halaman ini

Ini 6 Strategi yang Disiapkan untuk Arus Balik Lebaran 2019

Ditulis oleh  Irma Christine
Diterbitkan di gaya hidup

Untitled12

Ilustrasi via bisnis.com

 

Sumber.com - Pemerintah telah menyiapkan enam strategi pengamanan jelang arus balik Lebaran 2019 yang diprediksi mencapai puncaknya pada 7-10 Juni 2019.

 

Dalam hal ini, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub bersama Kakorlantas Polri dan Jasa Marga telah menggelar rapat koordinasi terkait persiapan tersebut. Kepala Korlantas Polri Refdi Andri mengatakan bahwa rakor tersebut bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi pengaturan lalu lintas mudik Lebaran 2019.

 

"Setelah periode arus mudik yang telah kita lalui khususnya selama lima hari terakhir sejak tanggal 30 Mei hingga 3 Juni 2019, ada masukan dan sumbang saran agar pada saat pelayanan arus balik masyarakat dari kampung halaman segala sesuatunya dapat dipersiapkan dengan baik,' ujar Refdi.

 

Dalam rakor tersebut, hadir pula Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi, Kusharyanto dari Mabes Polri, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani, Direktur Operasi Jasa Marga Subakti Syukur, Vice President PT Lintas Marga Sedaya Firdaus Azis serta R. Widie Wahyu GP dari Asosiasi Pengusaha Rest Area Indonesia.

 

Enam strategi itu ialah, rambu-rambu di akses masuk rest area harus sudah terpasang sebelum pelaksanaan one way arus balik pada tanggal 7 Juni 2019. Kemudian penambahan mobile toilet termasuk kanopi pelindung untuk antrean toilet harus terpenuhi sebelum tanggal 7 Juni 2019.

 

Untuk mengantisipasi mobil sogok di jalan tol, diminta kepada Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk menambah mobil layanan jalan tol (mobil patroli) dan menempatkan mobil derek serta menempatkan bengkel Agen Pemegang Merek (APM) di rest area tipe A sebelum tanggal 7 Juni 2019.

 

Selanjutnya menempatkan informasi call center bantuan emergency yang dapat dihubungi setiap saat, yang ditempatkan di bawah rambu dan tempat strategis. Juga disiagakan fasilitas mesin pembaca kartu uang elektronik dan EDC.

 

Gerbang Tol (GT) Palimanan merupakan gerbang pembayaran cluster 2 dan tapping cluster 1. Sehingga perlu adanya penambahan mobile reader dari 28 unit menjadi 38 unit dan EDC dari 2 menjadi 12 di GT Palimanan.

 

Strategi terakhir adalah waktu pelaksanaan one way tanggal 7 hingga 10 Juni 2019 dimulai pukul 12.00 WIB sampai dengan 24.00 WIB dari KM 414 Kalikangkung sampai dengan KM 70 Gerbang Tol Cikampek Utama. Selanjutnya diberlakukan contraflow dari KM 70 sampai dengan KM 65 atau sesuai dinamika di lapangan dengan pertimbangan diskresi kepolisian.

 

“Kami berharap dengan sosialisasi yang sudah disampaikan kepada masyarakat, maka masyarakat dapat mengatur perjalanan balik agar lebih baik lagi,” tutur Refdi.

 

Baca juga: H-6 Lebaran 2019, Total 373 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta

 

Baca juga: Puncak Arus Mudik Diprediksi 31 Mei 2019, Meningkat 181 Persen dari Normal!

 

Baca 128 kali Terakhir diubah pada Rabu, 05 Jun 2019 11:32
Nilai Artikel ini
(0 pemilihan)

Terkini dari Irma Christine

Artikel Terkait

Seputar Penulis

Irma Christine