sumber twitter mark 4 Rahasia Dibalik Kesuksesan Grup K-Pop BTS! Cetak halaman ini

4 Rahasia Dibalik Kesuksesan Grup K-Pop BTS!

Ditulis oleh  Icha Adijaya
Diterbitkan di hiburan

Bts ap 640x340

Ilustrasi via The Korea Herald

 

Sumber.com - Dunia musik internasional tengah diguncang oleh boygroup asal Korea Selatan, BTS. Jika kamu mengikuti acara penganugerahan musik di Amerika, mungkin sudah tahu kalau BTS menjadi salah satu penyanyi yang dikonfirmasi menghadiri Grammy Awards 2019 pada Minggu (10/2) waktu Amerika atau Senin pagi (11/2). Kehadiran mereka di Grammy Awards 2019 sendiri sedikit berbeda karena mereka menjadi salah satu di antara presenter yang membacakan nominasi dan menyerahkan penghargaan kepada pemenang.

 

BTS bukan grup K-Pop pertama atau satu-satunya yang meraih popularitas baik di dalam maupun luar negeri. Para senior mereka seperti Wonder Girls, SNSD, EXO, BIGBANG dan 2NE1 pernah berhasil masuk Billboard Top 200 dan mengadakan konser terjual habis di luar negeri. Penyanyi PSY juga berhasil memecahkan rekor dengan lagunya berjudul "Gangnam Style" yang membuka jalan industri K-Pop lebih dikenal ke musik Barat. Meski begitu, tidak ada satupun dari mereka yang mengalami kesuksesan dalam skala BTS, yang popularitasnya terus melambung.

 

BTS telah merasakan banyak hal pertama: grup K-Pop pertama yang tampil di American Music Awards 2017, grup K-Pop pertama yang dinominasikan dan memenangkan Billboard Music Awards dengan membawa pulang Top Social Artist Awards selama dua tahun berturut-turut mengalahkan artis seperti Justin Bieber dan Ariana Grande. Daftar prestasi BTS terus berlanjut di tahun 2019 dengan menghadiri ajang penghargaan musik bergengsi dunia Grammy Awards yang mencuri perhatian banyak fans K-Pop. Meskipun sulit untuk dijabarkan satu faktor tertentu, ada beberapa alasan dibalik kesuksesan BTS.

 

Baca juga: 7 Aksi Panggung Paling Legendaris Dalam Sejarah K-Pop Saat Ini, Memorable Banget!

 

Dilansir dari The Korea Herald, inilah 4 alasan dibalik kesuksesan BTS:

 

1. Musik & Penampilan Otentik

 

yonhap bts 640x400

Ilustrasi via The Korea Herald

 

Sulit untuk mengkategorikan musik BTS menjadi satu genre tertentu karena grup ini menggabungkan gaya yang beragam mulai dari hip-hop, rhythm dan blues, trap, rock, electronic dance music, house dan K-Pop. Awalnya disebut sebagai "grup idol hip-hop,” BTS telah berkembang dari waktu ke waktu, beradaptasi dengan genre pop paling tren dan menarik bagi khalayak internasional. Tapi satu hal yang belum berubah sejak hari pertama: mereka menulis dan memproduksi sebagian besar musiknya dengan bantuan produser. Hal itu menunjukkan bahwa mereka sangat berbakat.

 

CEO Big Hit Entertainment, Bang Shi Hyuk mengatakan bahwa para member BTS diberi kebebasan untuk menciptakan apa yang mereka inginkan untuk musik mereka. Para member dilatih untuk menulis dan memproduksi lagu mereka sendiri sejak awal karena itu adalah satu-satunya cara untuk menceritakan kisah otentik grup dan membernya. BTS bahkan mendapat inspirasi untuk lagu-lagunya salah satunya dari sebuah buku berjudul "Demian" dari Hermann Hesse.

 

Selain itu, penampilan BTS yang sangat powerful dan enerjik di atas panggung dan koreografi yang sinkron telah membuat fans jatuh hati. Lebih dari sekedar melodi dan lirik, video musik mereka menampilkan sinematografi yang keren dan memiliki kisah yang bermakna secara artistik sehingga sangat menyenangkan untuk ditonton. 

 

2. Pesan yang Kuat dan Berkaitan dengan Kehidupan Sehari-hari

 

bts un yonhap 640x400

Ilustrasi via The Korea Herald

 

Dalam menciptakan musik yang unik, BTS telah menyentuh isu-isu serius, seperti depresi, kegelisahan, kesulitan dan perjuangan yang mereka dan pendengar hadapi. Mereka tampil berbeda dibandingkan grup-grup K-Pop lainnya yang biasanya bernyanyi tentang cinta, keindahan, dan hubungan.​ Grup ini tidak segan-segan membahas masalah sosial dan situasi politik dalam lagu-lagunya, yang sebagian besar dianggap tabu dalam industri K-Pop. Arti nama grup ini "bulletproof" membawa misi itu dan mewakili harapan grup untuk menjadi seseorang yang menentang prasangka dan penindasan terhadap generasi muda.

 

"Kami mulai menceritakan kisah-kisah yang ingin didengar dan siap didengar, kisah-kisah yang tidak bisa atau tidak mau diceritakan orang lain," kata Suga seperti dikutip dalam wawancara dengan Time. Disisi lain leader BTS, RM juga mengungkapkan, "Kami berbicara tentang kekacauan dan gangguan mental sejujur ​​mungkin dalam musik dan (bagaimana) itu tumbuh bersama kami seiring bertambahnya usia”.

 

Otentik dan kejujuran ini menjadi angin segar dalam industri K-Pop yang biasanya grup dan artis kerap ditekan untuk terlihat bahagia dan bebas stres serta dituntut untuk menjaga penampilan. Fans bisa terhubung dengan BTS layaknya seorang teman, terinspirasi dan termotivasi oleh pesan dalam musik BTS.

 

3. Peran Media Sosial

 

 20190211092432 YON 66876 640x400

Ilustrasi via The Korea Herald

 

Seiring dengan meningkatnya penggunaan media sosial di seluruh dunia, hal tersebut diakui sebagai faktor utama di balik melejitnya nama BTS. Para member BTS cukup aktif dalam media sosial resmi grup untuk berbagi momen pada fans mereka. BTS membuat akun resmi Twitter pada Juli 2011 dan channel YouTube pada 2012 untuk berkomunikasi langsung dengan fans bahkan sebelum debut mereka. Sejak itu, BTS sangat bergantung pada berbagai platform media sosial, seperti Twitter, YouTube, Facebook, Naver V Live, dan Instagram, untuk mempromosikan grup dan membernya secara online.

 

Ini berbeda dari idol K-Pop lainnya dari agensi-agensi besar seperti JYP Entertainment, YG Entertainment dan S.M Entertainment yang menggunakan acara TV Korea dan outlet berita untuk mempromosikan artis-artis mereka sendiri. Sebagai agensi yang lebih kecil, Big Hit Entertainment tidak memiliki sumber daya dan dukungan keuangan yang cukup untuk mempromosikan BTS. Alih-alih bertarung melawan artis-artis dari agensi besar Korea, Big Hit Entertainment berfokus pada media sosial untuk mempromosikan BTS, dan strategi mereka berhasil.

 

Bahkan, ketika BTS tidak banyak tampil di TV, grup ini membangun koneksi media sosial yang kuat melalui gambbar candid di Twitter, video yang dibuat sendiri di saluran TV Bangtan YouTube yang sudah memiliki lebih dari 15 juta subscriber dan live streaming di Naver V Live. Fans tidak perlu duduk di depan TV mereka untuk bisa mengikuti kegiatan dan kabar terbaru BTS, fans bisa mencari tahu tentang kegiatan para member BTS di ponsel mereka.

 

Dengan melakukan itu, para member BTS tampil lebih pribadi, bersahaja dan tulus. Dengan memposting foto narsis, video lucu, makanan yang mereka makan dan rumah mereka, itu membuat para followers mereka selangkah lebih dekat ke kehidupan para member BTS. Mereka mengelola kehadiran media sosial mereka sendiri dalam bahasa mereka sendiri dan tanpa hiatus! Yup, BTS memposting sesuatu hampir setiap hari. Tidak seperti akun idol K-Pop lainnya yang dikelola oleh agensi, Big Hit menekankan bahwa penting untuk memberikan kebebasan pada para member BTS untuk menjalankan akun media sosialnya.

 

4. Fanbase yang Kuat & Loyal

 

Bts billboard 640x400

Ilustrasi via The Korea Herald

 

Baik saat menerima penghargaan atau tampil di acara bincang-bincang di AS seperti "Ellen DeGeneres Show," satu hal yang BTS tidak pernah lupa adalah menyebutkan rasa terima dan cintanya kepada para fans yang selalu bersemangat. BTS memiliki fandom yang kuat dan berdedikasi tinggi yang disebut ARMY, yang merupakan singkatan dari Adorable Representative M.C for Youth. Wajar jika mengatakan bahwa BTS telah berkembang pesat berkat fandom internasionalnya yang diperkirakan lebih dari 1 juta.

 

ARMY tidak hanya mengikuti BTS di media sosial dan menonton acara TV yang menampilkan grup. Mereka juga menghabiskan banyak uang untuk menghadiri konser BTS di Korea dan di luar negeri, membayar iklan di stasiun kereta bawah tanah di Seoul dan Times Square di New York City, membeli album dan merchandise serta menyumbang untuk amal. Tahun lalu, ARMY mengumpulkan lebih dari $1 juta untuk kampanye yang dijalankan oleh UNICEF dan BTS untuk mengakhiri kekerasan terhadap anak-anak dan remaja.

 

Dedikasi ARMY tentu saja ada hubungannya dengan BTS di puncak tangga lagu Billboard, karena fans mereka memberikan ratusan juta suara di online. Bahkan ada akun Twitter khusus (@bts_billboard), dengan lebih dari 767.000 followers memberikan instruksi bagaimana cara memberikan vote, membeli dan streaming album untuk menaikkan lagu mereka di tangga lagu Billboard. Fans membantu menyebarkan gelombang BTS ke seluruh dunia. Misalnya, ketika lagu "Fake Love" dirilis tahun lalu, fans di seluruh dunia segera menerjemahkan lirik ke dalam bahasa Inggris, Jepang, China, Arab, dan mendistribusikan berbagai versi di YouTube.

 

Baca juga: Dianggap Hanya Mengandalkan Wajah Tampan, Kemampuan Akting 4 Aktor Korea Ini Sempat Dipandang Sebelah Mata!

Baca 625 kali Terakhir diubah pada Senin, 11 Februari 2019 16:31
Nilai Artikel ini
(0 pemilihan)

Terkini dari Icha Adijaya

Artikel Terkait

Seputar Penulis

Icha Adijaya