sumber twitter mark The Lord Of The Rings Cetak halaman ini

The Lord Of The Rings

Ditulis oleh  Aulia Nur Inayah
Diterbitkan di buku & komik internasional

11 the lord of the rings

The Lord Of The Rings via martinus.sk

 

  • Informasi

    Sekilas Tentang Penulis

    John Ronald Reuel Tolkien atau yang populer dengan nama J. R. R Tolkien merupakan penulis novel asal Inggris yang lahir di Afrika Selatan tanggal 3 Januari 1892 silam. Selain sebagai penulis Novel, John adalah seorang professor Bahasa Inggris di Universitas Leeds (1920-1925), professor Bahasa Anglo-Saxon di Universitas Oxford (1925-1945), dan professor bahasa dan sastra inggris di Universitas Oxford (1945-1959). John juga ternyata adalah sahabat karib C.S Lewis dan tergabung dalam kelompok diskusi sastra Inklings bersama dengan Lewis dan Owen Barfield. John menulis buku fiksi pertamanya di tahun 1936 yang berjudul “Songs for The Philologhists dengan E.V Gordon. Sedangkan karya akademisnya yang pertama ia tulis di tahun 1922 berjudul A Middle English Vocabulary. John mulai dikenal sebagai sastrawan yang hebat an mendunia berkat novelnya yang legendaris berjudul The Hobbits Or There And Back Again tahun 1937. Sukses dengan novel tersebut, John kembali mencetak sejarah dengan merilis Novel fenomenal berjudul The Lord Of The Rings tahun 1954-1955 yang kemudian diangkat ke layar lebar sebagai film paling populer dalam sejarah.

     

    Informasi
    The Lord Of The Rings merupakan novel kisah fantasi yang terbagi dalam tiga jilid yang diberi judul The Fellowship Of The Ring, The Two Towers, dan The Return Of King. Masing-masing jilid terdiri dari dua buku. Novel ini menceritakan tentang perjalanan seorang Hobbit dari Beg End bernama Mr. Frodo Baggins yang mendapat tugas untuk menghacurkan cincin utama dari sembilan cincin yang mengandung kekuatan jahat. Cincin itu dapat dihancurkan jika ia dan Sam yang menemani perjalanannya dapat sampai ke Mordor. Apabila cincin tersebut tidak berhasil dihancurkan dan jatuh ke tangan Sauron yang ingin menguasai dunia dengan kegelapan, maka kedamaian dunia tidak akan pernah tercipta.


    Tolkien sungguh sangat pintar membawa para pembaca untuk berpetualang dan berimajinasi dengan bahasa yang mudah dan alur yang begitu menarik. Karena Tolkien menulis novel ini terinspirasi dari pengalamannya saat menjadi anggota angkatan darat Inggris pada perang dunia I, seolah-olah kita diajak untuk menyelami perasaannya saat menghabiskan waktu di parit-parit pertahanan perancis saat perang tersebut. Bagi pembaca setia karya-karya Tolkien, Novel tersebut merupakan Novel Intelektul dengan kedalaman latar belakang budaya, isi dan bahasa Tolkien. Tentu sangat disayangkan jika melewatkan untuk membaca novel populer ini karena sudah diterjemahkan ke dalam 38 bahasa dan difilmkan sebanyak tiga kali.


    Judul            : The Lord Of The Rings
    Penulis         : J. R. R Tolkien
    Penerbit       : PT. Gramedia Pustaka Utama
    Kategori       : Novel, Fiksi, Fantasi, Petualangan
    Terbit           : 2002
    Tebal            : 512 halaman
    ISBN            : 978-979-22-8914-5
    Harga          : Rp. 185.000

  • Fakta Menarik
    1. Tolkien mulanya memaksudkan The Lord of the Rings sebagai cerita anak-anak seperti The Hobbit, namun kisahnya dengan segera berkembang menjadi makin suram dan makin serius.
    2. Tolkien menghabiskan lebih dari sepuluh tahun untuk menulis narasi dasar dan tambahan-tambahan untuk Lord of the Rings.
    3. The Lord of the Rings menarik perhatian publik di AS pada tahun 1960 setelah edisi bajakannya diketahui telah menyebar.
    4. The Lord of The Rings menjadi karya sastra paling populer abad ke-20 dan telah diterjemahkan ke dalam 38 bahasa.
    5. Trilogi Novel karya Tolkien tersebut telah difilmkan dan dirilis tahun 2001-2003 dan memenangkan beberapa penghargaan Academy Awards.
    6. Tolkien menggunakan bahasa Quenya dan Sindarin yang digunakan oleh para Elf.
    7. Tolkien awalnya ingin mempublikasikan The Lord of the Rings dalam satu buku, tetapi penerbit membaginya menjadi tiga buku.
Baca 946 kali Terakhir diubah pada Kamis, 16 November 2017 12:37
Nilai Artikel ini
(0 pemilihan)

Terkini dari Aulia Nur Inayah

Artikel Terkait

Seputar Penulis

Aulia Nur Inayah

Aulia Nur Inayah lahir di Tegal, 6 Oktober 1992. Lulusan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Purwokerto Jurusan Syariah, Ekonomi Islam.  Pernah aktif di Sekolah Kepenulisan STAIN Purwokerto dan Komunitas Sastra Santri Pondok Pena. Pesantren Mahasiswa Kepenulisan An-Najah Purwokerto.

Email : [email protected]

twitter : https://twitter.com/Aulia_Sohibi

 

Situs Web: https://www.facebook.com/aulia.sohibialibra