sumber twitter mark Wah, Produsen Mobil VW Segera Kembangkan Ekspansi untuk Jadi Saingan Uber Cetak halaman ini

Wah, Produsen Mobil VW Segera Kembangkan Ekspansi untuk Jadi Saingan Uber

Ditulis oleh  Ellisa Gunawan
Diterbitkan di teknologi

Minibus VW yang akan dijadikan armada layanan berbagi tumpangan via dailymail.co.uk
Minibus VW yang akan dijadikan armada layanan berbagi tumpangan via dailymail.co.uk

Sumber.com -
Volkswagen atau VW, produsen mobil asal Jerman, mengungkapkan sebuah rencana yang bisa terbilang revolusioner: VW akan meluncurkan sebuah layanan berbagi tumpangan yang menggunakan mobil minibus bertenaga elektrik.

Ya, dilansir dari Daily Mail, VW nampaknya siap bersaing dengan Uber dengan layanan barunya yang disebut MOIA ini. VW, melalui divisi barunya MOIA, mengumumkan rencana untuk meluncurkan layanan berbagi tumpangan dengan target mengeliminasi 1 juta mobil dari kota-kota di benua Eropa dan Amerika Serikat hingga tahun 2025.

VW menargetkan mereka penduduk perkotaan yang lebih memilih untuk mengeluarkan uang dalam menggunakan transportasi, alih-alih menggunakan kendaraan sendiri. Tidak butuh waktu lama, MOIA akan segera meluncurkan 200 unit minibus dengan 6 bangku tahun depan di Hamburg, kota terpadat kedua di Jerman.

Minibus VW via dailymail.co.uk
Minibus VW via dailymail.co.uk

Baca juga: Bermalam di Mobil VW yang Diparkir di Tengah Padang Gurun? Bisa Kok Dicoba, di Sini

Menurut Ole Harms selaku kepala eksekutif MOIA, minibus elektrik ini akan dilengkapi dengan akses internet yang cepat serta port USB yang bisa dipakai penumpang untuk mengisi baterai ponsel dan komputer tablet mereka.

 

 


MOIA yang berbasis di Berlin ini akan melakukan menambahkan minibus elektrik VW yang beroperasi di Hamburg sampai 1.000 unit dalam waktu 3 tahun, lalu mulai merambah ke kota lainnya pada tahun 2019.

Harms mengungkapkan bahwa berbagi tumpangan akan membantu mengurangi kepadatan lalu lintas secara signifikan, dengan harga yang lebih murah dibandingkan layanan taksi.

Harms sendiri masih belum mau berkomentar soal harga dan segi ekonomi dari rencana ini.

Interior Minibus VW via dailymail.co.uk
Interior Minibus VW via dailymail.co.uk

Tempat penyimpanan barang di Minibus VW via dailymail.co.uk
Tempat penyimpanan barang di Minibus VW via dailymail.co.uk

MOIA sendiri adalah perusahaan terpisah yang didirikan oleh VW, dengan kantor pusat di Berlin. MOIA dibuat untuk menghadapi masalah tradisional terkait mobilitas transportasi, terutama di wilayah perkotaan. MOIA akan berfokus pada bisnis layanan berbagi tumpangan.

“Objektif [dari MOIA] adalah solusi transportasi holistik yang membuat transportasi individual dan umum lebih efektif, sehingga menghindari perjalanan yang tidak diperlukan dan mengoptimalkan penggunaan infrastruktur jalanan yang sudah ada.” Begitu pernyataan VW selaku perusahaan induk.


MOIA akan menciptakan minibus elektrik baru yang didasarkan pada platform modul VW, yang dapat melaju sejauh 300 kilometer dengan sekali pengisian baterai. Baterai in perlu sekitar 30 menit untuk diisi hingga 80% kapasitas penuh. 

Baca juga: Volkswagen Akan Memproduksi Kembali Semua Kendaraan Seri 300-nya Menjadi Mobil Bertenaga Listrik

Baca 343 kali Terakhir diubah pada Rabu, 06 Desember 2017 09:58
Nilai Artikel ini
(0 pemilihan)

Terkini dari Ellisa Gunawan

Artikel Terkait

Seputar Penulis

Ellisa Gunawan